Selasa, 19 Februari 2013

Filled Under: ,

Kopi Joss

15.47

Kopi Joss? kopi jenis apa itu? 

Aku sendiri heran dengan nama kopinya. tahun 2010 saat itu aku masih bekerja di Jogja dan masih 'ngrusuhi' menginap dirumah temen SMP, wuri.  

Dan kebetulan suatu malam ada dua temen kami dari Purworejo datang juga ke jogja, kami berempat bertemu dijalan mataram. setelah berbincang ngalor-ngidul kami memutuskan untuk cari angkringan untuk sekedar menemani obrolan kami biar agak asik kebetulan malam itu cerah, rugi rasanya gak ngopi sambil lesehan menikmati suasan jogja.

Gak pikir panjang wuri mengajak kami kesebuah jalan belakang stasiun Tugu. disinilah pertama aku mengenal 'Kopi Joss'. yaitu kopi hitam yang dicampur sebuah Arang! ketika kopi yang baru saja diseduh panas maka seketika itu dicampurlah arang yang masih menganga kedalam gelas. crazy pikirku. apakah enak kopi macam ini? kami selain siwuri cuma bisa cekikikan sendiri melihat 'lek man' (penjual angkringan) bermain jurus saat membuat kopi joss.

Ternyata apa yang aku pikir dengan kopi joss ini keterlaluan salahnya, kopi joss ini ueenak tenan. setelah diselidiki kenapa kopi joss ini enak adalah bahan arang yang digunakan terbuat dari kayu jati! weleh-weleh... kayu jati mahal, cuk. sensasi antara kopi hitam dan bau arang membuat andrenaline ku meledak begitu saja. ditambah suasana sepanjang jalan banyak anak muda-mudi yang juga sedang menikmati kopi joss ini dan beberapa pengamen jalan yang sering kali menyanyikan lagu Yogyakarta Katon Bagaskara.

Seingatku harga kopi ini murah, cuma Rp. 3000,- ditambah beberapa gorengan dan sate yang harganya tak lebih dari Rp. 2000. tapi itu harga dulu ya, kurang tahu kalau sekarang.

Jangan khawatir gak ketemu lokasi kopi joss ini, karena kalau kalian tanya, 'mas, dimana kopi joss yang katanya dibelakang stasiun tugu?' nanti bakal dijawab, asal tanyanya jangan sama turis ya, kadang mereka tau kadang mereka nggak tahu atau kalian yang nggak tahu cara tanya ke turisnya? #lol



Nama: Kopi Joss
Harga : Rp. 3000,-
Lokasi: Jl. Mangkubumi (belakang stasiun tugu jogja)

4 komentar:

  1. sayangnya waktu tahun kemaren ke Jogja gak sempet nyobain :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah, harus nyobain mbak. tapi harus malem ya.. :'D

      Hapus
    2. sama... saya juga belum nyobain kopi joss...
      waktu itu thn 2007... acara wisuda sepupu.
      penasaran tapi belum kesampaian... hampir 6 tahun yak...
      wkwkwkkw..

      Hapus
  2. Thanks infonya untuk kebutuhan arang kayu untuk bbq hubungi CV. Nusa Alam Gemilang
    Jl. Golf Komplek Wengga IV Blok B No. 49,
    Banjar Baru, Kalimantan Selatan 70723,
    Indonesia.
    Phone : +62 822 3863 7555
    Email : connect@woodcharcoalbbq.com

    BalasHapus