Selasa, 09 April 2013

Filled Under:

“Mak, Mbojo!” (Magelang-Boyolali-Jogja) Part II [habis]

14.28

Setelah shalat maghrib saya dan wuri bersiap-siap untuk keliling kota jogja, seperti melewati jalan Malioboro misalnya. Walaupun jalan malioboro sering saya lewati tapi kenyataannya saya tak bosan-bosannya untuk mengulangi kenikmatan suasana ramai ramah ditengah malamnya jogja.

Sasaran utama saya bukan berbelanja disepangjang jalan malioboro tapi tempat nongkrong anak muda jogja yang asik yaitu di titik nol kilometer pas perempatan kantor pos. banyak anak muda yang menghabiskan malamnya hanya duduk-duduk sambil ngangkring (angkringan) atau sambil menghangatkan badan dengan minum wedang ronde kempling (maaf, itu rondo mas..). nongkrong bukan sekedar nongkrong saja tapi banyak juga anak muda yang sambil diskusi bahkan ada juga yang lagi asik melukis. Dimonumen Serangan Umum 1 Maret 1949 misalnya ada belasan komunitas pesepeda bicycle sedang menampilkan atraksi-atraksi mereka dalam ‘mempermainkan’ sepeda kesayangannya.
penampakan wuri


Dipinggiran trotoar dipasang sebuah patung monster (buto abang; buto merah-red), kalau saya bilang tingginya 5 meter lebih tapi hanya separo badan ke bawah berwarna merah, kurang tahu makna patung itu yang pasti patung itu adalah hasil karya seniman-seniman jogja yang kreatif dan banyak filosofi terkandung didalamnya. Patung ini berdiri di titik nol kilometer baru saja dipasang sebelumnya beberapa bulan yang lalu dipasang juga patung kepala-kepala icon  mantan-mantan pemimpin Negara Republik Indonesia (presiden).

Puas menikmati tongkrongan titik nol kilometer jogja, saya dan wuri menuju ke sebuah icon-nya jogja, yaitu Tugu Jogja. Mahkota Tugu Jogja saat itu belum se kinclong seperti sekarang yang baru saja diganti 1 muharram kemarin. Kebetulan saat itu hari jumat dipekan terakhir setiap bulannya jadi kata siwuri ada festival asik namanya Jogja last friday ride (JLFR) yaitu berkumpulnya para penggiat dan komunitas sepeda se-jogja dimalam hari bertempat di Tugu jogja, seperti apakah keasikan dan keramaiannya? Sayangnya saya ketinggalan jam festival karena kalau sudah lebih dari jam 9 atraksi dan acara nyepeda santainya sudah selesai, saya sampai di Tugu Cuma bisa melihat mereka-mereka yang kelelahan habis nyepeda JLFR. Rugi sih..

Oke, setelah dari Tugu Jogja saya dan wuri mencari makanan untuk mengisi perut yang kosong dari tadi siang, pertama sih pengennya mau makan di angkringan tapi bawaannya pengen makan yang pedes-pedes biar rasa kemecer nya lidahku bisa hilang. Gak pakek lama wuri merekomendasikan makan Oseng-oseng mercon yang terletak di Serangan barat RS PKU.

Seperti apakah Oseng-Oseng mercon itu? Ini penampakannya…



Oseng-oseng nya biasa saja, masih rasa khas jogja.  Yang lebih dimontokkan dimasakan ini adalah rasa pedas yang luar negri banget! lihat photo saya, mata saya nyampek berlinang air mata itu tandanya saya sedih, eh pedes. :(

Sukses dengan oseng-oseng merconnya yang bikin perut saya berasap Karena terbakar pedas, saya memutuskan untuk kembali ke rumah wuri, mau istirahat dulu persiapan buat besok berangkat ke Jakarta.

Pagi dijogja. Masih dalam keadaan bermalas-malasan untuk bangun dari tidur sedangkan diluar sana udara sudah panas karena jam dinding hampir menunjukkan pukul 9. Rasa capek dari pertama datang di Magelang dan belum banyak istirahat membuat saya pagi ini bangun kesiangan.

Karena siang ini saya harus sudah pesen tiket bus ke Jakarta saya bergegas untuk merapikan baju dan segera ke terminal bus giwangan. Ba’da dzuhur saya diantar wuri pergi ke jalan mataram untuk beli oleh-oleh, ada beberapa makanan khas jogja yang sama beli yaitu  bakpia pathuk. Setelah membeli oleh-oleh terminal Giwanganlah tujuan berikutnya untuk memesan tiket bus.

Ada cerita yang mengesalkan saat saya diterminal Giwangan. Pendek cerita saya dari awal sudah curiga kalau saya dari pintu masuk koridor pembelian tiket antar kota sudah ditemenin sama calo, iya calo. Calonya ini cerewet pakek banget udah gitu kalau gak ditanggepin suka menampilkan face marah kayak cewek lagi PMS. Saat ditawari tiket bus lain selain bus yang saya inginkan dia agak memaksa, biasalah karakter calo seperti ini banyak ditemui dibanyak terminal di Indonesia. Karena saya ngotot untuk beli tiket bus yang saya inginkan maka si calo ini mengantarkan saya ke penjualan tiket bus lain dan dia mecoba meyakinkan saya bahwa bus yang saya inginkan ada di tempat ini tapi saya tidak bodoh, saya iyain aja dianya ngomong ngalor-ngidul (iyain aja biar cepet).

Singkat cerita setelah dia susah payah membujuk saya buat beli tiket bus yang bukan bus yang saya inginkan maka dengan baik-baik saya menolak bujukannya dengan cara berpura-pura untuk membatalkan keberangkatan ke Jakarta hari ini karena ada beberapa halangan dan untuk meyakinkan si calo saya berpura-pura telpon teman dengan nada dramastis dan eksotis agar meyakinkan dia. Alhasil saya lolos dari jeratan calo bawel. Menjengkelkan!

Akhirnya saya putuskan untuk beli tiketnya diterminal baru Purworejo! Iya, dengan demikian saya harus naik bus dari jogja ke purworejo selama dua jam dulu baru beli tiket ke Jakarta! Errrr…

Saya harap saya gak terlambat sampai di purworejo, itu doa saya saat setelah wuri mengantarkan saya di pintu keluar terminal giwangan jogja yang ada bus ke arah purworejo dan sempat lari-lari juga sih ngejar busnya (takut terlambat) hadeh!.

Suasana gak enak dan penuh beban pikiran karena satu menit aja saya telat sampai dipurworejo saya gak akan dapet tiket bus kejakarta! Ya gimana gak jadi pikiran, bayangin kalo telat saya jadi molor kerjanya, kalo molor saya dipecat dari kerjaan, hemm. Kenapa gak naik bus lain? Maaf selain saya tipe manusia yang setia kebetulan duit saya pas-pasan buat beli tiket bus lain yang mahal dibanding bus yang saya kehendaki itu. Heuheuheu. 

Ditengah kepanikan saya dibus untung ada temen wanita yang bisa diajak ngobrol asik lumayan untuk meredakan pusing dikepala, kebetulan dia anak bekasi yang lagi kuliah di jogja, kebetulan dia cantik dan kebetulan juga dia sudah tak lagi jomblo.. nasib. :(

Akhirnya, semesta masih menghendaki saya sampai diterminal purworejo kurang dari sepuluh menit sebelum bus berangkat, dan kebetulan masih ada kursi yang kosong tanpa babibu saya langsung bayar tiket dan naik bus antar kota ini. Daaaaaaaaaaan? Saya bisa menghela nafas dengan lega…

3 komentar:

  1. Pengen ke Jogja merasakan kuliner dan keramahannya. Asli purworejo mas?

    BalasHapus
  2. untung waktu saya ke giwangan ga digodain calo :p

    BalasHapus
  3. Joga itu kota yg gak pernah bosen untuk didatengi

    BalasHapus