Jumat, 10 Juli 2015

Filled Under:

Kopdar Brid: Bukber dan Ketupat Indosat

09.03

Namanya juga Jakarta, semuanya dan semaunya bisa saja tumplek blek disana. mulai dari pemerintahan sampai bisnis cendol juga ada, termasuk berbagai macam komunitas didalamnya. BRID, singkatan dari Blogger Reporter Indonesia adalah salah satu komunitas yang bermarkas di jakarta. BRID adalah wadah bagi blogger-blogger yang ingin belajar maupun sharing tentang peliputan suatu event atau kejadian dengan selalu mengindahkan gaya tulisan berkarakter ala blogger.

Entah. di jakarta, saya sudah berapa kali kopdar bersama para blogger, sejak kali pertama tahun 2009 di Gancy sampai sekarang, mungkin karena sudah terlalu sering jadi di jakarta sendiri menurut saya kopdar gak jauh beda dengan "ikut seminar" yang cuma bisa say hello (itu aja kalau kenal, kalau gak kenal) dan duduk dengerin ceramah narasumber sambil live tweet, sibuk dengan gadget masing-masing. Padahal yang namanya kopdar blogger adalah kita bertemu untuk saling lebih kenal secara langsung dimana sebelumnya hanya kenal lewat komen blog dan chat saja.


photo bersama setelah bukber /image by brid

Selasa, 07 juli 2015 BRID benar-benar mengembalikan lagi makna dan fungsi dari sebuah ajang kopdar, yakni mengadakan kopdar silaturahmi, Bukber dan Ketupat Indosat. Saya merasakan betul keakraban blogger satu dengan blogger lainnya, disana tak ada kasta-kastaan, senior maupun junior membaur, yang tujuannya cuma satu, ingin saling mengenal secara utuh member BRID satu dengan lainnya.

Contohnya saya (halah, kok saya sih), diam-diam saya sudah mengenal mas hazmi srondol melalui tulisan-tulisannya yang nyentrik dan kadang juga menohok. mengenal langsung sejak kopdar dblogger ultah ke-4 tahun 2012, tapi waktu itu mas hazmi belum kenal saya dan saat kopdar kemarin mas hazmi juga belum mengenal saya (aku rapopo mas, aku kuat). saya blogger yang memegang teguh makna dari sebuah kopdar yakni "mengenal secara langsung dan utuh", maka darinya saya mengakrabi beliau, dan apa yang saya peroleh dari kopdar bersama mas hazmi srondol, ternyata beliau berasal dari kota yang sama dengan saya, weladalah, jebule asli wong grabak - magelang! tulisan dan cara ngobrolnya sama, sama-sama renyah. Biasa to mas, wong magelang ki asik-asik. Tidak hanya tahu sebatas informasi tentang mas hazmi, tapi beliau juga membuka diri untuk berelasi, misalnya mas hazmi mau ngasih job ke saya, "mbokya, mention-mention di twitter gitu ntar kalo ada job kan lumayan", mas tak tagih lho!

Selain mas hazmi, saya juga kenal beberapa sesepuh brid lainnya,sebut saja teh ani berta. kalau beliau sudah lama kenal bahkan sama-sama satu naungan walikota, ibu Airin rachmi diany walikota tangsel. Ada lagi sesepuh yang gak kalah tenar, mas Ahmed tsar blenzinky, kalau saya bilang beliau itu polisi lalu lintas brid, brid bisa seaman dan setertib sekarang karena berkat beliau, sebab jika member brid ada kesalahan sedikit langsung kena tilang, tilangnya diskor gak boleh daftar event yang akan berlangsung selama tulisan repostase sebelumnya kelar, bahkan tidak segan-segan untuk ‘mencuthat’ keluar dari group. mas, #saveme :| 
video by hazmi srondol

Saat sesi testimoni berlangsung, ahmed adalah nama yang paling disebut-sebut, mengalahkan foundernya mas hazmi yang namanya hanya disebut sekali saat mc membacakan sambutan untuk beliau. mesakke mas. Sayangnya, mas ahmed berhalangan datang, padahal jika beliau datang akan ada aksinya yang tak terduga yakni beliau melayang-layang sendiri di tkp karena banyak sanjungan untuknya. hehe, piss mas .

Dalam ajang kopdar ini selain blogger juga dihadiri ibu atma atmanto, beliau adalah istri tercinta bapak indar atmanto direktur utama Indosat IM2 yang tengah berurusan dengan  hukum. cobaan ini selain membuat ibu atma sedih juga membuat kahasanah industri pertelekomunikasian Indonesia menjadi simpang siur, karena menurut saya IM2 hanya sebuah ISP yang menyewa bandwidth secara legal ke Indosat, tidak melakukan tindakan korupsi apapun dan tidak perlu mempunyai ijin frekeunsi 3G, kalau putusan MA tidak sesuai dengan UU Telekomunikasi Indonesia maka akan banyak pimpinan ISP yang terancam hukum pidana. Semoga Bapak Indar lekas dibebaskan! dan ibu atma selalu diberi ketegaran mengahadapinya.

kang arul berpose / image by brid

Kultum Kang Arul

Karena kopdarnya menjelang berbuka puasa, afdolnya memang harus ada kultum. Yakni Dr. Ruli Nasrullah, M.Si Dsn Gl, M.Jl, biasa disapa kang arul atau dosen galau yang mengisi mauidhotul hasanahnya. saya baru pertama kali ketemu beliau, sebelumnya jadi silent reader ditulisannya dan kebetulan mahasiswa bimbingannya adalah temen saya sendiri. Beliau orangnya lucu, kocak dan trengginas, kalau gak kopdar begini saya gak bakal tahu sisi lain dari seorang dosen galau, kang arul. Dan dalam ceramahnya, saya masih ingat betul pesan beliau, ‘blogger itu harus berkarakter’, salah satunya harus  mempunyai karakter pemberani, pemberani  seperti Nabi Muhammad SAW, blogger pun harus begitu, berani menulisakan mana yang benar dan menuliskan mana yang salah. Termasuk berani, #bebaskanindar.

bebaskan indar / image by dokpri

Ceramah kang arul harus dipotong sebentar, karena focus teman-teman blogger tertuju pada tamu kehormatan yang sedang datang. Mba Yeni wahid, putri dari mendiang Gusdur atau K.H. Abdurrahman Wahid. Mba yeni sangat terlihat sederhana dan bersahaja. Tidak ada sambutan dari beliau, tapi kedatangan beliau sangat membuat suasana jadi ayem tentrem. Selain itu mba yeni adalah sosok yang tidak jaim, karena faktanya saya bisa berphoto dengan beliau.

hazmi srondol-mba yeni-ibu atma / image by brid

Berbuka dengan manisnya keakraban

Bagaimana tidak manis, kopdar yang penuh keakrapan keluarga ini melebihi manisnya kurma. Kami masing-masing memang pegang gadget tapi tidak over jeprat-jepret makanan, kami justru menikmati berbagai hidangan dan dalam sela-selanya kami saling mengobrol satu sama lain, bergurau dan bercanda. Dan ini yang membuat kopdar brid pecah. Kita bisa saling akrab dan Perutpun kenyang.

suasana bukber / image by dokpri

Setelah berbuka, seharusnya sesi berikutnya adalah absen satu-satu memperkenalkan diri masing-masing, agar semua yang hadir bisa saling kenal, tapi tanpa itu kami dari awal justru sudah akrab. Karena, waktu yang semakin habis, sesi akhir ini diisi dengan berfoto bersama, pembagian hadiah live tweet dan testimoni terbaik dan mengambil bingkisan oleh-oleh dari brid dan indosat. 

Saya berterima kasih kepada BRID, Indosat dan teman-teman BRID semuanya, karena telah mengembalikan suasana dan makna kopdar seutuhnya. kalian memang luar biyasa! Semoga Brid makin jaya dan membernya semakin aktif. Sampai bertemu di kopdar berikutnya!

Pm: katanya nanti bakal ada kopdar brid lagi setelah lebaran, yakni BRIB Halal bi Halal. Untuk waktu dan tempatnya menyusul, yang pasti kuotanya bisa lebih dari 200 orang, hehe..

3 komentar:

  1. Seru ya, kekeluargaannya terutama :)

    BalasHapus
  2. warung daun mendadaka ramai dengan Blogger reporter. Suasana kekeluargaan berasa banget kemaren :)

    BalasHapus