Selasa, 24 Juni 2014

Filled Under:

3 Fitur Web Maker Ala Mozilla

01.31

Saya paling suka menghadiri workshop, terutama tentang teknologi seputar internet, gadget, kuliner, maupun travelling. Apalagi workshop itu bersifat free, tentu macam ini yang diinginkan banyak mahasiswa kos2an, termasuk saya.

Baru beberapa hari yang lalu, saya datang di workshop yang diadain oleh bhineka dan Microsoft ID  di Royal hotel kuningan, walaupun isinya banyak tentang promo mereka tapi toh banyak manfaat yang bisa saya ambil selepas dari sana, missal; ternyata office 365 itu bisa disewa, ternyata banyak fungsi excel yang belum saya kuasai padahal masih ada 238 fungsi yang mengganggur, dan yang terpenting ternyata disana saya bisa melakukan aktifitas charging ala mahasiswa, yakni perbaikan gizi.

Tapi yang akan saya share disini bukan tentang Microsoft, apalagi soal copras-capres, melainkan workshop atau simpelnya biasa kami (mozillian) sebut #MozBelajar yang diselenggarakan oleh Mozilla ID, tema yang diangkat seputar web bukan cara membuat nasi uduk gurih, tentunya.  

“web maker: X-Ray Googles, Thimble, Popcorn Maker” masih jadi tema andalan mbak Dian Ina mahendra dkk untuk lebih memperkenalkan fitur-fitur browser Mozilla ke khalayak luas, bahwa browser ini tidak sebatas sebagai aplikasi pencarian saja, melainkan semua kekreatifan dalam otak kita bisa di create-save and share

Bertempat di qwords.com web hosting office, gedung cyber 1 Jakarta, mas fauzan salah satu penyelenggara #mozbelajar menerangkan tentang fitur-fitur web maker tadi dan tidak hanya penyelenggara, mozillian yang sudah tergabung dalam komunitas ini boleh menjadi volunteer, salah satunya mas…. (sebut saja mr x. karena saya lupa namanya), dia mozillian juga dan berkesempatan membagi ilmunya tentang HTML Dasar, html dasar ini salah satunya yang harus dikuasai sebelum belajar web maker seperti X-Ray googles, dan Thimble.
***

X-Ray Google itu simpelnya begini. Kamu update status “aku galau” dan terlihat di timeline saya. dengan kekuatan bulan fitur X-Ray Googles saya bisa merubah status kamu jadi, “aku gak galau, hanya saja sedang gundah-gulana”. Setelah saya edit, saya bisa simpan dan bisa saya share (berbentuk URL) kekamu dan kemana aja sesuka hatiku. Dan ketika kamu dan siapa aja yang klik link URL nya, akan di direct kehalaman hasil editan saya. Nyobain? Kesini deh. Awas kalo ngedit statusku!

Thimble. Sekilas saya bacanya jadi nasi thimble dan saya kira dengan ngotak-atik fitur thimble, akan keluar nasinya dari layar leptop saya. Hhhmm.

Thimble ini sederhananya bikin halaman web sendiri menggunakan konstruksi web itu sendiri seperti html, css, dan javascript. Bagi blogger mungkin sedikit banyak sudah tahu tag-tag dan model sintak yang digunakan, apalagi blog mereka yang sudah permak seperti blog yang dipasang macam widget music gitu. Dan jangan khawatir, kalau ada yang belum tahu boleh mampir kesini, ada penjelasan-penjelasan sintaknya, atau bisa edit ulang template yang sudah disediakan.

Thimble ini tampilan text editornya asik, jadi ketika ngetik sintak-sintak yang “aneh” itu hasilnya akan langsung tampil atau langsung bisa dilihat.

Tidak hanya disitu, yang suka ngedit video pun gak kalah seru. Popcorn maker juga bisa bikin popcorn dari layar leptop anda mengajak kita jauh lebih kreatif. Video yang dibutuhkan pun tak perlu susah-susah upload dari computer (saya faham, kalau inet kalian lemot kan? Sama) , cukup ambil dari youtube atau dari penyedia tube tube lainnya. Menggabungkan video satu dengan video lainnya juga lebih mudah, semudah menggabungkan hati aku dan hati kamu. Halah.

Sepertinya kalau baca teori diatas saja malah bikin pusing ya, coba lihat hasil dari otak-atik kami disini [ https://indonesia.etherpad.mozilla.org/mozbelajar-14jun14 ]

***
Tidak hanya workshop, kita disana juga dikasih makan (halah dibahas), tapi uniknya nasinya mirip seperti nasi timbel, entah ini disengaja atau tidak yang pasti makanannya enak, perut mah gak pernah bohong.
mas rahab, hayo udah ambil berapa?

Dan mozillian yang hadir diajak ikut games seru, pertama kita mainan tentang wawasan kuliner indonesia, yakni soto. setelah itu kita diajak adu kreatif untuk membuat resep dan cara memasak soto menurut versi masing-masing kelompok, bahkan saking kreatifnya ada yang bikin resep soto kuda. tapi bukan kuda lumping. dan terakhir, kita ditantang untuk mempromosikan hasil resep soto ini menggunakan fitur-fitur web maker mozilla, menggunakan thimble, x-ray googles dan popcorn maker.

Dan hasilnya bisa dilihat di link atas tadi.

Kegiatan saat berlangsungnya #mozbelajar:







mau ikutan juga? join us https://webmaker.org/id

5 komentar:

  1. wkwkwkkk...fotonya ngileerrrr :D

    tom, aku folooow blog ini... join foloback blogku dunk... kasian tuh dikit folowernya
    www.kabarmata.blogspot.com

    BalasHapus
  2. aku tertarik dengan fasilitas popcorn maker dan nasi timbel...eh thimble...sepertinya menarik banget untuk dicoba...namanya kok nama makanan semua sich...jadi laper membacanya....
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kreatif-kreatif ya? hehe

      salam juga mas, dari saya. :)

      Hapus
  3. PERNAH OM IKUTAN WORKSHOPNYA DI KAMPUS DARI PERWAKILAN FIREFOX INDONESIA, BAGUS MEMANG, AKU SUKA BUAT KARTU NAMA DI WEBMAKER puthut.blogdetik.com

    BalasHapus