Jumat, 27 Juni 2014

Filled Under:

Nikilepi Melepas Keperawanannya

14.42

Kalau boleh jujur, kawan paling setia dan penurut menurut versi saya adalah leptop yang sedang buat nulis postingan ini, Dell Inspiron N4030. Saya biasa memanggilnya dengan sebutan nikilepi, memang bukan nama yang memiliki arti special tapi lebih dari itu, dia sudah banyak memberi kemanfaatan buat saya sejak nikilepi saya beli akhir tahun 2010.

Umurnya sudah terbilang tua, 4 tahun bukan waktu yang singkat jika nikilepi setiap harinya on stanby minimal 5 jam. Tapi walaupun sudah tua performance nya masih perkasa, baterai masih bisa stanby 2 jam, gak pernah lemot dan blue screen, etapi pernah sih lemot dan sering restart sendiri gitu pas masih awal-awalnya beli, itu karena hardisknya rusak (bad sector), dan untungnya masih garansi dan langsung saya ganti.

Sejak nikilepi mulai berumur 2 tahunan, dia mulai menunjukkan kekesalannya yakni mulai cepat panas (overheat) dan terkadang mati sendiri. Usut punya usut, dia melakukannya karena ingin ngasih kode ke saya untuk segera dibersihkan organ-organ dalam nikilepi seperti motherboard dan kipas fan nya.

Karena saya orangnya suka makan bakso, saat itu saya masih belum berani untuk membongkar nikilepi (apa hubungannya?). karena nikilepi ini termasuk leptop yang agak rumit juga desainnya, tidak sekali dua kali buka tatakan lepinya saja lalu motherboatnya langsung bisa kebuka. Untuk membukanya dibutuhkan ketelitian mata, logika dan video tutorial. HAHAHA, iya, video tutorial.

Saya tu orangnya begini, mending saya bongkar sendiri daripada dibawa ketukang service di mall-mall gitu (kecuali service center resmi) dengan catatan bongkarnya harus liat video tutorial. Selain lebih efisien saya orangnya gak mau berdebat sama tukang service yang (banyak juga) suka main "nembak harga" dengan modus cari-cari alasan kerusakan ini itu ini itu, padahal saya sendiri lebih paham kerusakannya terletak dimana. 

Jaman itu video tutorial membongkar Dell inspiron N4030 masih belum ada yang meng-upload (mungkin karena saking rumitnya ya). Terpaksa nyervis lepinya saya urungkan walaupun pernah tak buka semua baut-bautnya tapi belum ada keberanian untuk mem-perawan-inya. Saya biarkan nikilepi menahan sakitnya (overheat) sendiri, kalau sudah mulai panas bener, baru saya shutdown untuk menghindari overheat dan lepi mati sendiri.

Barulah beberapa hari yang lalu saya mulai kasihan dengan nikilepi, sudah saatnya saya memperawaninya untuk membersihkan organ-organ dalamnya dari menumpuknya butiran debu (lalu nyanyi: ….aku tanpamu - butiran debu,...).  Dengan melihat video tutorial (alhakamdulillah, baru-baru udah ada yang upload, cek disini) satu persatu baut nikilepi saya lepas, memang cukup rumit dan susah (mungkin efek masih perawan nya itu ya? – paan sik!) tapi akhirnya saya bisa melihat sisi dalamnya nikilepi, dan wah. terlihat beigtu indah…

Masih kliatan indah?

Coba kalau yang ini...

perhatikan kotoran yg mirip busa itu

busa kotoran selama hampir 4 tahun!
Saking indahnya, isi dalam lepinya kotor sekali, banyak butiran debu. Dasar nikilepi kemproh! #lah

Debu yang menempel itu bukan debu biasa lho, dia agak lengket, jadi gak sekali sebul (tiup) bisa langsung hilang. dan saking lamanya (hampir 4 tahun) debu itu membentuk seperti busa di pintu keluar kipas fan, busanya tidak terlalu padat tapi cukup efisien menyumbat angin keluar saat kipas fan hidup, yang mengakibatkan proses pendinginan prosesor tidak maksimal dan terjadilah yang namanya overheat.

Permasalahan sebenarnya enggak cuma itu saja sih. ada satu alasan lagi kenapa saya harus bongkar nikilepi, tidak lain karena nikilepi patah tulang :(

engsel nya patah :(


Tapi kata si nikilepi nya, "Aku Rapopo, mastom. aku masih jadi sobatmu yang setia dan perkasa".

Walaupun engsel nya patah nikilepi masih bisa digerak-gerakin layarnya, hanya saja derajat nya mentok sampai 90 derajat saja. lebih dari itu udah gak bisa.

Dan alhamdulillah, setelah saya bersihkan organ-organ dalamnya termasuk kipas fan nya, lepi saya udah gak gampang panas. mau 5-8 jam cuma anget-anget saja. dan ternyata pembersihan organ dalam lepi ini sangat berpengaruh dengan performancenya lho. terbukti. 

Lepi anda udah berapa tahun gak dibersihin?

3 komentar:

  1. Tom, ikutan giveaway diblogku yuk..
    eh kapan2 klo lepi gw rusak, ane service ke Niki aja ya :D

    *tadi tomi sekarang niki :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sini tak betulin tengtopnya. ups, salah. leptopnya! :))

      insyaallah mel :D

      Hapus
  2. huahahahaha selamat untuk nikilepi yang sudah melepas keperawanannya. pertanyaannya yang punya udah melepas statusnya belum? hahahaha *piss*

    BalasHapus