Sabtu, 28 Juni 2014

Filled Under:

Yuk, Intip Kantor Google Indonesia!

15.31

Kalau ada yang denger kata google, apa yang pertama kali diingat? Kalau saya sih – mantan - Iya, mantan. Kemudian ku menatap langit dari dalam jendela, dengan mata nanar, bibir bergetar sambil sesegukan. Hopp! Sori, salah focus.

Kalau saya denger kata google, pertama yang saya ingat adalah mesin pencarian, browser. Karena true story saya, saat pertama kali internet masuk rumah dan desa (di magelang - 2007) halaman pertama yang dibuka adalah Google Search. Ini yang menjadi alasan saya terus-menerus terpesona dengan google, karena saat itu pandangan pertama dilayar monitor google sungguh menggoda.

Saya tidak bermaksud melebaykan diri untuk google, tapi toh faktanya salah satu perusahaan internet terbesar ini memang sangat mengagumkan. Sampai orang Indonesia sendiri menamai salah satu produknya (google search) dengan sebutan "mbah google", mau tanya  apa aja pasti jawabnya "Tanya aja ke mbah google", kecuali kalau Tanya, siapa jodohku – yang ada seperti ini,..

melas...


Dari tahun ke tahun google selalu melahirkan banyak produk, sercing aja pagelaran tahunannya; Google I/O. Siapa yang hafal semua produk google? Jawabnya: "Tanya mbah google". Hmm.., ternyata buanyak; ada google search, google maps, google eart, google plus, google drive, google trends, google analityc, google translate, gmail, youtube, blogspot, picasa, google books, wallet, google code, google calendar, google loop, google glass, dan google-google lainnya.

Saking banyaknya produk google, mereka punya trik sendiri agar user tidak kerepotan dan bingung menggunakannya, yakni dengan connecting account, ketika user membuat satu email di gmail maka secara otomatis sudah terdaftar di akun produk-produk google lainnya, bahkan satu user diberi free space 15 GB. Wah!

Apa sebenarnya yang membuat google terus melahirkan produk-produk yang kreatif dan inovatif? Tidak lain karena jasa-jasa Googlers (sebutan karyawan yang bekerja di google). Tentu hal ini mendapat perhatian khusus dari Larry Page dan Sergey Brin agar para googlers nyaman dan bahagia bekerja di perusahaannya. 

Perhatian khusus seperti apakah yang Larry page dan Sergey brin berikan?

Banyak. Mulai dari gaji yang ratusan juta sampai yang tidak kalah penting adalah, my office is my home, my home is my castle. Lihat saja kantor pusat google yang ada di mountain view. Setiap produk google mempunyai office sendiri-sendiri bahkan gedung sendiri-sendiri. Kantor google didesain se asik dan senyaman mungkin, tujuannya agar para googlers bisa berkreasi dan berinovasi semaksimal mungkin.

Pun tidak kalah amazingnya kantor Google yang ada di Jakarta, Indonesia. Yes, sejak tahun kemarin, google resmi membuka kantor cabangnya di Indonesia. Dan hari minggu, 22 juni 2014 saya dan teman-teman dBlogger Community secara eksklusif berkunjung ke kantornya. Kenapa eksklusif? Karena kantornya bukan semacam kantor kelurahan, siapa aja boleh masuk.

Tidak main-main, yang boleh masuk pun dibatasi, kurang lebih hanya 20 orang, jam berkunjung pun hanya boleh di akhir pekan; sabtu minggu, itupun harus ada invitation khusus dari google, kalaupun ada rombongan berkunjung dihari kerja, saya pastiin jumlahnya gak nyampek 20 (lawong kantornya bukan seluas GBK) dan yang pasti google indonesia yang mengundangnya (wis mesti lek!) .

Pernah, saat kita tour ke ruang-ruang google officenya ada pengunjung (bukan rombongan kita) masuk, dan sama mbak @euniceapril (googlers) langsung mempersilakan pengunjung itu 'say good bye' karena dia bukan termasuk rombongan kita. "kantor kita gak selalu open house lho".

Dan itu.... sebentar.,

O, dari tadi saya malah ngecuprus alias ngomong terus, bikin bosen yak!. yowis sekarang mending lihat sudut-sudut unik google officenya aja yuk! Tapi, sayangnya ada beberapa ruang yang gak boleh diambil gambarnya, padahal ruangnyya unik-unik!



perhatikan notes dibawah ini
Notes: yang saya beri tanda X (warna merah) itu adalah ruang yang tidak boleh diambil gambarnya. Sedangkan tanda lingkaran (warna biru) itu adalah tiang-tiang Benton dimana kita diperbolehkan menulis nama kita disana, semacam meninggalkan jejak bahwa kita pernah main ke kantor google. Dan ternyata banyak sekali yang sudah pernah ke google office. Kalau kalian mendapat kesempatan kesana sempetin ya, cari tulisan www.nikitomi.com di sisi tiang dekat ruang potong bebek angsa. Itu aku! (halah)

Kalau udah tahu bentuk ruang google office, enaknya kita jalan-jalan ke kantinya dulu. Kantin yang ada di google office ini unik, namanya itu "warung mbah google" (Kenapa gak pakde google apa tante google?).



dapur masa depan..

boleh masak sendiri

Uniknya tempat kerupuk sama rempeyeknya, indonesia banget!

orangnya diskip aja..

jangan diskip, orangnya di zoom in zoom out..
Isi makanan yang ada di warung mbah google ini semua gratis untuk para googlers. Meskipun begitu warung mbah google tak pernah rugi.

Warung mbah google ini dua lantai, lantai 2 ceritanya buat main game, leyeh-leyeh sama olah raga macam tenis meja etc

tampak dari lantai 2..

tangganya disini..

jam dindinnya unik..

saya tampak lebih jelek.. tapi rapopo.

tolong ya, bantal chrome nya gak kliatan..


Sudah puas makan enak dan ngegames di warung mbah google, intip ruang depan google dan sekitarnya.. yuk! (hayuk)

pintu utama

lho, kok pada keluar?
langsung disambut tulisan google..

coblos nomor 06! - tagname buat pengunjung

fungsinya buat apa? coba barcode tagname nya di scan disini..


ini bukan hiasan!

kerja dikursi ini juga boleh, asal gak ketiduran aja sih..
Dua gambar diatas ini bisa dilihat lagi. ada tangga warna hitam kan? yak. di ruang ini ada dua lantai, semuanya bisa buat kerja, terserah mau kerja di lantai bawah sambil lihat pemandangan GBK atau dilantai dua sambil ngemil-ngemil cantik atau gegoleran sekaremu dewe. cekidot!

ini tangganya...
tangganya tampak dari atas..

duh kameraku menangkap penampakan :(

yang mau ngemil-ngemil cantik ambil disini ya..

kayak bukan tempat kerja kan?

ini mah buat gosip enak kali...

tuh...

laki-laki yomamen.. :v

kerja sambil gegoleran sak karepmu dewe!

ini biasa
lha ini baru luar biasa. selfie: bikin rame!

Gimana. udah capek kan? sama. tadi diawal saya udah sebutkan nama-nama ruang yang ada di google  office ini unik-unik, biasanya ruang ini digunakan untuk meeting asik para googlers; mulai dari alun-alun, merdeka, warung mbah google, potong bebek angsa, sampai gudang rejeki. tapi, gak semua ruang boleh diambil gambarnya. tapi ada 1,2 ruang yang berhasil saya ambil gambarnya.



di dalem alun-alun, tak seluas yang kau baca..
ruang gudang rejeki
inilah pintu masuk ruang yang gak boleh diambil gambarnya!

Kenapa ruang meeting asik ini namanya unik-unik gitu? pada dasarnya setiap kantor cabang google dimanapun itu, semua tidaklah sama. mau yang ada di mountain view ataupun yang ada di singapore. begitupun yang ada di Indonesia, semua beda, semua mempunyai ciri khas tersendiri. karena ciri khas google office setiap negara inilah yang membuat google menjadi unik dan menarik.

Saya termasuk orang yang beruntung bisa berkunjung ke google office di Indonesia (makasih mbak @euniceapril), dan saya akan jauh lebih bangga ke diri sendiri kalau diberi kesempatan ke google office (googleplex) di Mountain view California yang sangat luar biasa luasnya itu.

Saya bisa mengambil banyak pelajaran dari kunjungan ke google office kemarin, setelah melihat sistem, aturan dan desain kantornya; salah satunya adalah bahwa kerja itu harus nyaman dan senang!

Duh... photo yang ini ketinggalan..
kalo gak mingkem giginya kliatan!


ada yang berminat jadi pilot becak?
gambar sebagian dari kokoh Husin Peng @Ahook_

Location Indonesian Google Office
Gedung Sentral Senayan II lantai 28, Jakarta

3 komentar:

  1. Keren banget kantornya >_< Enak kali yah kerja di situ? :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah jelas enaknya! ngirit makan siang. disana gratis :\

      Hapus
  2. Enak Bener Gan Kerja di Kantor Google

    BalasHapus