Selasa, 15 Juli 2014

Filled Under:

Tongsis, Selfie dan Campaign.com

17.45

Akhir-akhr ini fenomena tongsis merebak di Indonesia dan luar negri, mulai dari anak kecil sampai orang tua menyukai alat ini. Sebenarnya tongsis itu apasih? Tongsis atau kepanjangan dari tongkat narsis yang digunakan untuk mefoto diri sendiri tanpa bantuan orang lain, aksi foto menggunakan alat ini membuat orang jadi ketagihan untuk berfoto dan berfoto lagi dimanapun dan kapanpun  sehingga orang yang melihatnya menyebut mereka “narsis” sekali.  Inilah kenapa alat ini dinamakan tongsis (tongkat narsis).



Tongsis ini adalah sebab akibat dari fenomena lain yang sedang ngetrend saat ini, yaitu berfoto selfie. Berfoto Selfie adalah aksi memfoto diri sendiri menggunakan tangan sendiri. Dulu saat pertama kalinya, foto selfie dilakukan menggunakan tangan sendiri, tapi sekarang sudah ada alat bantunya; tongsis. Dengan tongsis view yang didapat lebih luas dan bagus, apalagi berfoto selfienya bersama-sama. Kliatan rame dan seru.

Di Indonesia foto selfie sudah menjadi makanan sehari-sehari, setiap ada acara atau bepergian kemanapun pasti tidak lupa mereka berfoto selfie, baik yang berfoto sendiri maupun berfoto selfie rame-rame

Karena merebaknya aksi foto selfie ini, banyak kompetisi-kompetisi yang bermunculan baik di televise maupun di internet. Misalkan yang baru kemarin diadakan oleh salah satu stasiun televise swasta yakni kontes foto selfie pilpres 2014. Atau kontes foto selfie para traveler, mereka berfoto selfie dispot-spot favorit mereka.


Karena makin banyaknya kontes foto akhir-kahir, ternyata salah satu perusahaa kreatif Indonesia melihat peluang ini. Namanya campaign.com. Campaign.com adalah peursahaan pertama di Indonesia yang memfasilitasi brand merek atau organisasi dengan user online (netizen) untuk mencari superfan dimana dibentuk dalam konsep kompetisi foto online.






Walaupun baru tahun 2013 kemarin berdiri, campaign.com sudah bekerja sama dengan brand dan sudah mengadakan kampanye sebanyak 35, brandnya ada yang dari dalam negri dan luar negri.

Menurut saya seiring berjalannya waktu campaign.com perlahan akan menjawab tantangan masa depan yang dinamakan dengan, “fotomu rejekimu”. Dimana foto bukan lagi barang koleksi pribadi yang hanya disimpan di album kenangan atau didinding rumah, melainkan foto itu akan terpampang luas dimedia online, dapat diakses oleh public, dan menghasilkan nilai financial.

Seperti salah satu kompetisi foto yang sedang berjalan di campaign.com yang patut kita apresiasi, yakni kompetisi "impian indonnesia". Kompetisi ini bermaksud untuk mewadahi impian dan aspirasi orang indonesia dari muda sampai tua berbentuk foto dimana foto itu harus mempunyai makna untuk impian indonesia yang lebih baik dan menginspirasi banyak orang.

Kompetisi mimpi Indonesia ini berlangsung cukup lama, mulai dari bulan januari – September 2014. Masih cukup waktulah untuk hunting spot-spot yang Indonesia banget. Dan untuk mengirimkan fotonya sangat gampang sekali. Dikompetisi ini ada 3 metode pengiriman, via email, website dan whatsapp. Tapi pada dasarnya untuk mengirimkan foto, campaign punya 8 metode, seperti gambar dibawah ini.

Untuk informasi lebih detail bisa klik disini, mulai dari syarat ketentuan sampai cara mengirimkan foto.

Saya rasa campaign.com mampu menjawab tantangan merebaknya demam selfie dan kontes foto, dimana campaign.com mampu mengakomodir dan menjembatani  brand merek maupun organisasi dengan user online (netizen). Saya juga melihat kedepan website ini akan menjadi pelopor sebuah platform yang sukses mengkampanyekan sebuah nilai kebaikan, keseruan, kesenangan dan semua hal-hal yang positif melalui kontes maupun berbagi foto. 




Artikel ini ditulis saat live blogging #CampaignBlogger di campaign official, Intiland Tower Lt 20 Sudirman Jakarta.


4 komentar:

  1. keren ... jangan lupa gabung lagi ya nanti di acara campaign selanjutnya :D jangan lupa ikutan campaign.com

    BalasHapus
  2. waaah seru bisa foto2 selfie, jadi nyesel kemaren udah pulang duluan :(

    BalasHapus